Oky Pratama Yudha,
Senin, 26 November 2012.
Belajar dan Faktor-Faktor yang Memengaruhinya
Menurut Bruner, belajar merupakan suatu
proses aktif yang memungkinkan manusia untuk menemukan hal-hal baru di luar
informasi yang di berikan kepada dirinya.
·
Tahapan Proses Belajar.
1. Menurut Jerome S. Bruner.
Belajar merupakan aktivitas yang
berproses, sudah tentu di dalamnya terjadi perubahan-perubahan yang bertahap.
Menurut Bruner, Salah seorang penentang teori S-R Bond yang terbilang vocal (Barlow 1985), dalam proses pembelajaran siswa menempuh tiga episode/tahap yaitu :
Menurut Bruner, Salah seorang penentang teori S-R Bond yang terbilang vocal (Barlow 1985), dalam proses pembelajaran siswa menempuh tiga episode/tahap yaitu :
a) Tahap Informasi (tahap penerimaan
materi)
b) Tahap Transformasi (tahap pengubahan
materi)
c) Tahap Evaluasi (tahap penilaian
materi)
Dalam tahap Informasi, seorang siswa yang sedang belajar
memperoleh sejumlah keterangan mengenai materi yang sedang di pelajari. Dalam
tahap Transformasi, Informasi yang telah di peroleh itu di analisis, di ubah,
atau di transformasikan menjadi bentuk yang abstrak atau konseptual supaya kelak
pada gilirannya dapat dimanfaatkan bagi hal-hal yang lebih luas. Dalam tahap Evaluasi
seorang siswa menilai sendiri sampai sejauh mana informasi yang telah
ditransformasikan dapat di manfaatkan untuk memahami gejala atau memecahkan
masalah yang di hadapi.
2. Menurut Arno F Witting.
Menurut witting (1981) dalam buku nya Psychology Of Learning. Setiap proses belajar selalu berlangsung dalam tiga tahapan, yaitu :
2. Menurut Arno F Witting.
Menurut witting (1981) dalam buku nya Psychology Of Learning. Setiap proses belajar selalu berlangsung dalam tiga tahapan, yaitu :
a) Acquisition, (tahap perolehan/penerimaan
informasi)
b) Storage (tahap penyimpanan informasi)
c) Rettrievel (tahap mendapatkan kembali
informasi)
·
Faktor-Faktor
yang memengaruhi keberhasilan belajar dapat dibagi menjadi dua bagian besar,
yaitu factor internal dan factor eksternal.
1. Faktor Internal
a. Faktor biologis (jasmani)
a. Faktor biologis (jasmani)
Keadaan jasmani yang perlu di perhatikan, yaitu pertama kondisi fisik
yang normal atau tidak memiliki cacat sejak dalam kandungan sampai sesudah
lahir, kondisi fisik yang sehat dan segar sangat memengaruhi keberhasilan
belajar.
b. Faktor Psikologis
Faktor psikologis yang memengaruhi keberhasilan belajar meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang.
Faktor psikologis yang memengaruhi keberhasilan belajar meliputi segala hal yang berkaitan dengan kondisi mental seseorang.
Faktor psikologis meliputi hal-hal sebagai berikut :
- Intelegensi
- Kemauan
-Bakat
- Intelegensi
- Kemauan
-Bakat
2. Faktor Eksternal
a. Faktor Lingkungan Keluarga.
Faktor lingkungan rumah atau keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menentukan keberhasilan belajar seseorang.
Faktor lingkungan rumah atau keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama dalam menentukan keberhasilan belajar seseorang.
b. Faktor Lingkungan Sekolah.
Lingkungan sekolah sangat di perlukan keberhasilan belajar siswa.
c. Faktor Lingkungan Masyarakat.
Masyarakat merupakan factor ekstern yang juga berpengaruh terhadap
belajar siswa karena keberadaannya dalam masyarakat.
0 komentar:
Posting Komentar